Kiat Sukses Membuat Bisnis Plan, Gambaran Usaha Donat Ubi Ungu
GAMBARAN USAHA DONAT UBI UNGU
Organisasi Dan
Management
How to Make Good Business Plan. sumber : www.10faktaunik.online |
Struktur organisasi program wirausaha ini adalah sebagai berikut :
Latar Belakang Usaha
Alur Pembagian Tugas |
10faktaunik.online-Semakin banyaknya produsen yang menjual makanan kecil dengan berbagai macam varian rasa ,membuat saya tertarik untuk menekuni usaha donat yang berbeda dengan yang lain ,yaitu “Donat Ubi” . Donat Ubi merupakan donat yang berbahan dasar tepung terigu dan ubi sebagai bahan kedua pengganti kentang. Ubi jalar bisa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan donat karena ia memiliki tekstur yang lembut dan memiliki kandungan gizi yang lumayan banyak.Selain menambah variasi,donat ubi juga dapat menambah asupan gizi ,terutama bagi penderita diabetes.
Baca Juga :
Baca Juga :
Ubi
jalar aman dikonsumsi oleh hampir semua
usia ,mulai anak-anak hingga dewasa ,karena ubi jalar memiliki kandungan
Vitamin C ,Vitamin B ,Fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu ubi
juga memiliki warna yang bervariasi ,yaitu ungu ,kuning ,dan putih .Warna-warna
tersebut akan menambah daya tarik konsumen untuk mencoba dan membeli donat ubi ini . Bahkan
makanan ini merupakan salah satu makanan terbaik yang dianjurkan untuk ibu
hamil. Jadi
,donat ubi jalar tidak hanya enak tetapi juga baik untuk dikonsumsi dan
menyehatkan. Usaha donat ubi sangat cocok bagi wirausaha pemula yang ingin
mencoba berwirausaha tanpa menggunakan modal besar ,karena bahan-bahan donat
ubi relatif murah dan mudah ditemukan ,serta tidak membutuhkan peralatan yang
banyak .
Tujuan pembuatan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Bisnis ,serta untuk membuka wawasan tentang seluk beluk dunia usaha dan bagaimana proses-proses untuk memulai berwirausaha.
Banda Aceh adalah Ibu kota provinsi Aceh, dan menjadi salah kota yang sangat ramai penduduk dengan latar belakang status yang beraneka ragam. Sebagai pusat kota yang memiliki status social yang beragam menginginkan panganan yang beraneka ragam pula, hal ini di buktikan dengan banyaknya panganan-panagan yang menampilkan nilai lebih baik dari segi keunikan dan nilai lebih lainnya cenderung digemari oleh masyarakat yang beraneka ragam tersebut.
Gambaran Umum Usaha ( Business Plan)
Prospek Pengembangan Donat Ubi ungu Menjadi Produk Donat yang Bernilai Jual
Donat Ubi ungu merupakan suatu produk hasil olahan dari Ubi ungu. Donat Ubi ungu mempunyai peluang usaha yang menjanjikan, karena Donat Ubi ungu tersebut berasal dari Ubi ungu yang mudah di dapatkan ketika musim panen berlangsung yang secara otomatis untuk mendapatkanya sangat murah.
Oleh karena itu dengan adanya gagasan memproduksi Ubi ungu menjadi Donat Ubi ungu yang bernilai jual, diharapkan dapat menambah pemikiran kritis masyarakat kota Banda Aceh dalam pengolahan Ubi ungu menjadi panganan yang inovatif serta kreatif dan dapat dijadikan suatu peluang usaha yang baru khususnya mahasiswa.
Peluang Usaha
Donat Ubi ungu ini menpunyai prospek usaha yang menjamin, karena di daerah Banda Aceh belum pernah ada yang mencoba mengembangkan home Industri pengolahan Ubi ungu menjadi Donat Ubi ungu, oleh karena itu peluang pasarnya masih cukup tinggi.
Media Promosi yang Digunakan
Ada beberapa alternative media penunjang proses pemasaran yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk ini, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat. Media ini berupa SMS, Spanduk, pamphlet, jejaring social seperti facebook, blog, twitter dan aflikasi SMS gateway yang mampu menjangkau ribuan nomor handphone masyarakat,
aplikasi ini merupakan salah satu media promosi yang ampuh untuk menjangkau konsumen dalam skala besar, promosi selanjutnya door to door ke Asrama mahasiswa untuk menawarkan dan mempromosikan Donat Ubi ungu.
Kebijakan yang lain dan menjadi sebuah inovasi adalah kita menjual donat dalam bentuk otlet grobak dan menjual variasi produk antara lain martabak mini dan martabak mini biasa serta kita menjual minuman yang kreatif juga antara lain Es kelapa rasa durian, rasa nangka, rasa sersak, rasa alpukat dan lain-lain.
Segmentasi Pasar
Untuk lebih spesipik Segementasi pasar produk Donat Ubi ungu adalah Masyarakat Kampus Universitas Syiah Kuala (Mahasiswa, Dosen, dll.) masyarakat Kampus IAIN. Dan masyarakat umum sekitar Komplek Pelajar dan Mahasiswa(KOPELMA) Darussalam.
Strategi Pemasaran yang Akan di terapkan
Strategi pemasaran yang digunakan dalam usaha Home Industri Donat Ubi ungu:
1. Kebijakan produk
Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan distribusi, jenis produk ini berupa Donat Ubi ungu.
2. Kebijakan harga
Harga yang diberikan kepada konsumen yaitu sebesar Rp. 1500/Pcs
3. Kebijakan promosi
Untuk meningkatkan hasil penjualan Donat Ubi ungu perlu dilakukan promosi. Bentuk promosi di antaranya yaitu pemasangan brosur, pamphlet, spanduk, pemanfaatan sms, dan secara langsung datang door to door ke asrama mahasiswa untuk menawarkan produk Donat Ubi ungu. Kebijakan Distribusi.
Distribusi hasil produksi kepada para konsumen dilakukan kerjasama dengan kantin-kantin kampus dan warung kelontong sekitar kampus Universitas Syiah Kuala. Sekaligus langsung mendistribusikannya ke konsumen setiap ada pesanan.
4. Kebijakan Purna Jual
Produk Donat Ubi ungu diperoduksi awal, kemudian di bagikan kepada beberapa konsumen. Hal ini dilakukan sebagai sarana evaluasi produk Donat Ubi ungu Donat Ubi ungu dengan berbagai pertimbangan, apakah produk ini baik di konsumsi, serta sebagai sarana evaluasi atas saran-saran konsumen yang mencicipi produk tersebut baik berupa evaluasi berkaitan dengan rasa, tampilan, dll.
5. Langkah pengembangan ke depan
Langkah yang akan kami lakukan jika usaha ini mulai berkembang dan tingkat permintaan tinggi adalah mempertahankan kualitas dan keungulan produk, membuat tempat produksi permanen, mencoba untuk mematenkan Donat Ubi ungu, memperluas jarigan usaha, menjual franchise dan mengembangkan produk lain.
Tujuan pembuatan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Bisnis ,serta untuk membuka wawasan tentang seluk beluk dunia usaha dan bagaimana proses-proses untuk memulai berwirausaha.
Banda Aceh adalah Ibu kota provinsi Aceh, dan menjadi salah kota yang sangat ramai penduduk dengan latar belakang status yang beraneka ragam. Sebagai pusat kota yang memiliki status social yang beragam menginginkan panganan yang beraneka ragam pula, hal ini di buktikan dengan banyaknya panganan-panagan yang menampilkan nilai lebih baik dari segi keunikan dan nilai lebih lainnya cenderung digemari oleh masyarakat yang beraneka ragam tersebut.
Gambaran Umum Usaha ( Business Plan)
Prospek Pengembangan Donat Ubi ungu Menjadi Produk Donat yang Bernilai Jual
Donat Ubi ungu merupakan suatu produk hasil olahan dari Ubi ungu. Donat Ubi ungu mempunyai peluang usaha yang menjanjikan, karena Donat Ubi ungu tersebut berasal dari Ubi ungu yang mudah di dapatkan ketika musim panen berlangsung yang secara otomatis untuk mendapatkanya sangat murah.
Oleh karena itu dengan adanya gagasan memproduksi Ubi ungu menjadi Donat Ubi ungu yang bernilai jual, diharapkan dapat menambah pemikiran kritis masyarakat kota Banda Aceh dalam pengolahan Ubi ungu menjadi panganan yang inovatif serta kreatif dan dapat dijadikan suatu peluang usaha yang baru khususnya mahasiswa.
Peluang Usaha
Donat Ubi ungu ini menpunyai prospek usaha yang menjamin, karena di daerah Banda Aceh belum pernah ada yang mencoba mengembangkan home Industri pengolahan Ubi ungu menjadi Donat Ubi ungu, oleh karena itu peluang pasarnya masih cukup tinggi.
Media Promosi yang Digunakan
Ada beberapa alternative media penunjang proses pemasaran yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk ini, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi pilihan masyarakat. Media ini berupa SMS, Spanduk, pamphlet, jejaring social seperti facebook, blog, twitter dan aflikasi SMS gateway yang mampu menjangkau ribuan nomor handphone masyarakat,
aplikasi ini merupakan salah satu media promosi yang ampuh untuk menjangkau konsumen dalam skala besar, promosi selanjutnya door to door ke Asrama mahasiswa untuk menawarkan dan mempromosikan Donat Ubi ungu.
Kebijakan yang lain dan menjadi sebuah inovasi adalah kita menjual donat dalam bentuk otlet grobak dan menjual variasi produk antara lain martabak mini dan martabak mini biasa serta kita menjual minuman yang kreatif juga antara lain Es kelapa rasa durian, rasa nangka, rasa sersak, rasa alpukat dan lain-lain.
Segmentasi Pasar
Untuk lebih spesipik Segementasi pasar produk Donat Ubi ungu adalah Masyarakat Kampus Universitas Syiah Kuala (Mahasiswa, Dosen, dll.) masyarakat Kampus IAIN. Dan masyarakat umum sekitar Komplek Pelajar dan Mahasiswa(KOPELMA) Darussalam.
Strategi Pemasaran yang Akan di terapkan
Strategi pemasaran yang digunakan dalam usaha Home Industri Donat Ubi ungu:
1. Kebijakan produk
Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan distribusi, jenis produk ini berupa Donat Ubi ungu.
2. Kebijakan harga
Harga yang diberikan kepada konsumen yaitu sebesar Rp. 1500/Pcs
3. Kebijakan promosi
Untuk meningkatkan hasil penjualan Donat Ubi ungu perlu dilakukan promosi. Bentuk promosi di antaranya yaitu pemasangan brosur, pamphlet, spanduk, pemanfaatan sms, dan secara langsung datang door to door ke asrama mahasiswa untuk menawarkan produk Donat Ubi ungu. Kebijakan Distribusi.
Distribusi hasil produksi kepada para konsumen dilakukan kerjasama dengan kantin-kantin kampus dan warung kelontong sekitar kampus Universitas Syiah Kuala. Sekaligus langsung mendistribusikannya ke konsumen setiap ada pesanan.
4. Kebijakan Purna Jual
Produk Donat Ubi ungu diperoduksi awal, kemudian di bagikan kepada beberapa konsumen. Hal ini dilakukan sebagai sarana evaluasi produk Donat Ubi ungu Donat Ubi ungu dengan berbagai pertimbangan, apakah produk ini baik di konsumsi, serta sebagai sarana evaluasi atas saran-saran konsumen yang mencicipi produk tersebut baik berupa evaluasi berkaitan dengan rasa, tampilan, dll.
5. Langkah pengembangan ke depan
Langkah yang akan kami lakukan jika usaha ini mulai berkembang dan tingkat permintaan tinggi adalah mempertahankan kualitas dan keungulan produk, membuat tempat produksi permanen, mencoba untuk mematenkan Donat Ubi ungu, memperluas jarigan usaha, menjual franchise dan mengembangkan produk lain.
Diagram Alur Kegiatan Produksi
Kebijakan Produksi
Mengolah Ubi ungu menjadi Donat Ubi
ungu ternyata tidaklah semudah pengolahan bahan lainnya. Beberapa kendala yang
dihadapi berdasarkan pengalaman sebelumnya terkadang adonan cepat mengembang
sehingga hasilnya donat menjadi menggelembung dan isinya kempes. Terkadang setelah donat di cetak sisa-sisa adonan tidak di manfaatkan
lagi dan ini mengurangi jumlah target produksi.
Analisa SWOT Produk DONAT UBI UNGU
Strenght (Kekuatan)
Berdasarkan pengalaman yang lalu Kekuatan Usaha Donat Ubi Ungu terletak pada :
1. Keunikan produk yang berbeda dari produk lainnya
2. Harganya relative lebih murah
3. Adanya kerja sama dengan kantin-kantin kampus dan sekolah dalam memasarkan Donat
4. Banyak digemari oleh mahasiswa
5. Donat Ubi Ungu sebuah branding yang sangat unik dan kreatif.
Weakness
(Kelemahan)
Berdasarkan pengalaman sebelumnya kelemahan usaha Donat Ubi Ungu terletak pada :
1. pekerja yang merangkap baik sebagai produksi dan pemasaran sehingga sering terjadinya keterlambatan dalam distribusi Donat Ubi Ungu.
2. Akibat keterlambatan terkadang banyak Donat Ubi Ungu yang tidak terjual
3. Masih minimnya variasi produk sehingga lama-lama membuat konsumen bosan.
4. Terkadang pekerjaan yang merangkap membuat jenuh dalam memperoduksi Donat Ubi Ungu
5. Dikerjakan oleh mahasiswa terkadang dengan banyaknya tugas membuat semangat menjadi turun.
Berdasarkan pengalaman sebelumnya kelemahan usaha Donat Ubi Ungu terletak pada :
1. pekerja yang merangkap baik sebagai produksi dan pemasaran sehingga sering terjadinya keterlambatan dalam distribusi Donat Ubi Ungu.
2. Akibat keterlambatan terkadang banyak Donat Ubi Ungu yang tidak terjual
3. Masih minimnya variasi produk sehingga lama-lama membuat konsumen bosan.
4. Terkadang pekerjaan yang merangkap membuat jenuh dalam memperoduksi Donat Ubi Ungu
5. Dikerjakan oleh mahasiswa terkadang dengan banyaknya tugas membuat semangat menjadi turun.
Oportunity (Peluang)
Berdasarkan analisa kekuatan dan kelemahan usaha Donat Ubi Ungu maka kita bisa menghasilkan peluang inovatif usaha Donat :
1.Dalam mengatasi rangkap pekerjaan peluang yang bisa dilakukan adalah untuk bagian produksi di amanahkan kepada kak Niar saudara Amrullah yang ada di lamtemen dengan pengamanahan ini maka peluang yang di proleh usaha Donat Ubi Ungu antara lain, Adanya tempat yang tetap sehingga tidak mengganggu usaha Donat Ubi Ungu, adanya pekerja yang tetap sehingga hambatan-hambatan terkait tugas mahasiswa dan ujian bisa diatasi. Peluang yang lain adalah kak niar juga hobi membuat kue dengan hobi ini kita memiliki peluang untuk membuka usaha kue kotak dan kue-kue yang lain sebagai penutup atau tambahan usaha kalau sekiranya Donat Ubi Ungu mengalami kelemahan.
2. Peluang yang lain untuk mengatasi kejenuhan dengan produk Donat Ubi Ungu antara lain adalah :
a. Membuat produk baru yaitu martabak mini bentuk dan bentuk lainnya
b. Membuat bakso bakar bentuk(dalam tahap pengembangan)
c. Membuat bronis
d. Membuat usaha sambilan yaitu kue kotak dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga kampus.
3. Peluang yang lain adalah membuat hak paten dan system francais sehingga bisa mengembangan usaha Donat Ubi Ungu dengan cepat.
4. Membuat kemasan yang kreatif untuk donat.
Treath (Ancaman)
Adapun ancaman yang akan dihadapi usaha Donat Ubi Ungu baik sekarang maupun dimasa yang akan dating adalah :
1.Tidak adanya hak paten maka pesaing-pesaing lebih mudah untuk membuat usaha yang serupa.
2. Adanya ketidak sejalinan antara tim usaha yang dapat menghambat gerak usaha solusi dari hal ini adalah dengan seringnya memberikan pemahaman dan diskusi tentang kerjasama yang baik.
Skema baru Alur Usaha Donat
Keterangan :
Bagian Pemasaran dan desain kreatif mencari informasi tempat-tempat kerjasama usaha Donat Ubi Ungu dan informasi pemesanan serta menyebarkan informasi usaha Donat Ubi Ungu kepada pelanggan.
Bagian produksi : memproduksi kue berdasarkan pesanan dan tempat kerjasama serta melakukan inovasi-inovasi kue-kue menjadi andalan usaha Donat Ubi Ungu
Bagian distribusi mendistribusikan kue-kue yang telah di produksi.
Bagian mini outlet standbay di otlet2 Donat
Bagian Pemasaran dan desain kreatif mencari informasi tempat-tempat kerjasama usaha Donat Ubi Ungu dan informasi pemesanan serta menyebarkan informasi usaha Donat Ubi Ungu kepada pelanggan.
Bagian produksi : memproduksi kue berdasarkan pesanan dan tempat kerjasama serta melakukan inovasi-inovasi kue-kue menjadi andalan usaha Donat Ubi Ungu
Bagian distribusi mendistribusikan kue-kue yang telah di produksi.
Bagian mini outlet standbay di otlet2 Donat
Skema Alur Kerja Tim Donat
Keterangan :
Alur memulai usaha Donat ini dimulai dengan prekrutan dan pembentukan tim baru setelah itu dimulai pembagian bidang sesuai dengan keahlian masing-masing setelah itu dilakukan pelatihan untuk bidang produksi pelatihan insyaAllah akan di lakukan di Bogasari Bakery Center di Lhong Bata. Setelah semuanya mendapatkan pelatihan yang memadai insyaAllah dimulailah produksi rill dan masa atau waktu yang dibutuhkan dari prekrutan sampai produksi yaitu kurang lebih 1 bulan.
Alur memulai usaha Donat ini dimulai dengan prekrutan dan pembentukan tim baru setelah itu dimulai pembagian bidang sesuai dengan keahlian masing-masing setelah itu dilakukan pelatihan untuk bidang produksi pelatihan insyaAllah akan di lakukan di Bogasari Bakery Center di Lhong Bata. Setelah semuanya mendapatkan pelatihan yang memadai insyaAllah dimulailah produksi rill dan masa atau waktu yang dibutuhkan dari prekrutan sampai produksi yaitu kurang lebih 1 bulan.
Keuangan
Dana
Yang dibutuhkan
kebutuhan dana tambahan Donat
|
|||||
No.
|
Jenis Kebutuhan
|
Kegunaan
|
unit
|
harga/unit
|
Jumlah
|
Kebutuhan bahan baku
|
|||||
1
|
tepung/kg
|
bahan dasar
|
25
|
Rp10,000
|
Rp250,000
|
2
|
ragi instan/kotak
|
bahan dasar
|
1
|
Rp35,000
|
Rp35,000
|
3
|
Air/galon
|
bahan dasar
|
1
|
Rp5,000
|
Rp5,000
|
4
|
Gula/kg
|
bahan dasar
|
2
|
Rp12,000
|
Rp24,000
|
5
|
garam/bungkus
|
bahan dasar
|
1
|
Rp5,000
|
Rp5,000
|
6
|
margarin/kg
|
bahan dasar
|
15
|
Rp8,000
|
Rp120,000
|
7
|
mentega
|
bahan dasar
|
15
|
Rp25,000
|
Rp375,000
|
8
|
santan/bungkus
|
bahan dasar
|
10
|
Rp2,500
|
Rp25,000
|
9
|
telur
|
bahan dasar
|
60
|
Rp1,200
|
Rp72,000
|
9
|
ubi/talas/kg
|
bahan dasar
|
5
|
Rp6,000
|
Rp30,000
|
10
|
banking /kaleng
|
bahan dasar
|
5
|
Rp8,000
|
Rp40,000
|
total
|
Rp981,000
|
||||
bahan penunjang
|
|||||
No.
|
Jenis Kebutuhan
|
Kegunaan
|
unit
|
harga/unit
|
Jumlah
|
1
|
collata/kg
|
penunjang
|
5
|
Rp42,000
|
Rp210,000
|
2
|
meses/kg
|
penunjang
|
1
|
Rp35,000
|
Rp35,000
|
3
|
minyak padat
|
penunjang
|
2
|
Rp25,000
|
Rp50,000
|
4
|
mentega/1kg
|
penunjang
|
1
|
Rp8,000
|
Rp8,000
|
total
|
Rp303,000
|
||||
perlengkapan dan peralatan yang dibeli
|
|||||
1
|
kotak donat/bal
|
perlengkapan
|
1
|
Rp27,000
|
Rp27,000
|
2
|
pelastik
|
perlengkapan
|
1
|
Rp15,000
|
Rp15,000
|
3
|
pelastik segitiga
|
perlengkapan
|
1
|
Rp10,000
|
Rp10,000
|
4
|
toples donat
|
peralatan
|
15
|
Rp19,000
|
Rp285,000
|
total
|
Rp337,000
|
||||
Sewa Tempat
|
|||||
rumah
|
1 tahun
|
1
|
Rp
2,000,000.00
|
Rp2,000,000.00
|
|
total
|
Rp2,000,000.00
|
||||
Estimasi Biaya yang di
butuhkan
|
|||||
Total
|
Rp3,621,000
|
Analisa Break Event Point (BEP)
Biaya Variabel Produksi/1.5 Kg Tepung+0.5 Ubi
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Jenis
|
Jumlah
|
Biaya
|
Total
|
1
|
tepung/kg
|
bahan dasar
|
150.00%
|
Rp
7,500
|
Rp
11,250.00
|
2
|
ragi instan
|
bahan dasar
|
12.00%
|
Rp
35,000
|
Rp
4,200.00
|
3
|
Air/galon
|
bahan dasar
|
30.00%
|
Rp
2,000
|
Rp
600.00
|
4
|
Gula/kg
|
bahan dasar
|
50.00%
|
Rp
12,000
|
Rp
6,000.00
|
5
|
garam/bungkus
|
bahan dasar
|
14.00%
|
Rp
5,000
|
Rp
700.00
|
6
|
margarin/kg
|
bahan dasar
|
30.00%
|
Rp
8,000
|
Rp
2,400.00
|
7
|
mentega
|
bahan dasar
|
30.00%
|
Rp
25,000
|
Rp
7,500.00
|
8
|
santan/bungkus
|
bahan dasar
|
100.00%
|
Rp
2,500
|
Rp
2,500.00
|
9
|
telur
|
bahan dasar
|
30.00%
|
Rp
1,200
|
Rp
360.00
|
9
|
ubi/talas/kg
|
bahan dasar
|
50.00%
|
Rp
6,000
|
Rp
3,000.00
|
10
|
banking /kaleng
|
bahan dasar
|
12.00%
|
Rp
8,000
|
Rp
960.00
|
Total
|
Rp
39,470.00
|
||||
No.
|
Jenis Kebutuhan
|
Kegunaan
|
batang
|
harga/unit
|
total
|
1
|
collata/kg
|
penunjang
|
80%
|
Rp42,000
|
Rp
33,600.00
|
2
|
collata warna
|
penunjang
|
25%
|
Rp42,000
|
Rp
10,500.00
|
3
|
meses/kg
|
penunjang
|
20%
|
Rp35,000
|
Rp
7,000.00
|
4
|
minyak padat
|
penunjang
|
20%
|
Rp21,000
|
Rp
4,200.00
|
total
|
Rp
55,300.00
|
||||
Total biaya Variabel
|
|||||
Bahan Dasar
|
Rp39,470.00
|
||||
Bahan penunjang
|
Rp55,300.00
|
||||
total
|
Rp
94,770.00
|
||||
Estimasi biaya variabel per unit
|
|||||
Jumlah bahan
|
unit Q
|
TVC
|
TVC/Q
|
Total
|
|
2 kg
|
140
|
Rp
95,000
|
Rp
678.57
|
||
Rp
700.00
|
|||||
Estimasi pendapatan/unit
|
|||||
2 kg
|
unit
|
TPr
|
TR
|
Total Q
|
|
140
|
Rp
1,500
|
Rp
210,000
|
Rp
1,500
|
||
Rp
210,000
|
Rp 800
|
||||
Profit per/2 kg
|
Rp
112,000
|
||||
Estimasi Produksi perhari
|
|||||
6 kg
|
Unit
|
TQ
|
Price
|
TR
|
|
6
|
140
|
840
|
Rp
1,500
|
Rp
1,260,000
|
|
6
|
140
|
840
|
Rp
700.00
|
Rp
588,000
|
|
Profit /hari
|
Rp 672,000
|
||||
Profit /bulan
|
|||||
25
|
Rp672,000
|
Rp16,800,000
|
|||
Estimasi Biaya Tetap per bulan
|
|||||
Keterangan biaya
|
unit
|
P/unit
|
TFC
|
TC
|
|
Biaya sewa
|
Rp
200,000
|
||||
Biaya listrik
|
Rp
400,000
|
||||
Biaya Gas
|
Rp
100,000
|
||||
biaya Gaji produksi
|
Rp2,500,000
|
||||
Biaya gaji pemasaran
|
Rp2,000,000
|
||||
biaya gaji kreatif
|
Rp2,000,000
|
||||
biaya tak terduga
|
Rp1,000,000
|
||||
Rp 8,200,000
|
|||||
estimasi omset bersih/bulan kalau produksi 6 kg/ hari
|
|||||
Total
|
Rp8,600,000
|
Total Estimasi Dana yang dibutuhkan untuk memperoleh produksi 6 kg/ hari dengan rincian sebagai berikut :
1. Biaya tempat, bahan baku, dan Listrik : Rp. 3.621.000
2. Biaya pelatihan : Rp. 1.000.000
3.Biaya pembelian alat2 dan perlengkapan Rp. 1.500.000
3.Biaya pembelian alat2 dan perlengkapan Rp. 1.500.000
4.Biaya Promosi selebaran dan spanduk Rp. 500.000
5. Biaya upah awal pekerja Rp. 1000.000
Total Rp. 7.621.000,-
Wah bagus nih pembahasannya, ini bisa juga jadi contoh pembuatan proposal wirausaha
ReplyDeletedetail sekali, jadi lebih tau dalam membuat bisnis plan
ReplyDeletedetail banget gan sampek gak kriting ane bacanya
ReplyDeletetempat tinggal saya banyak penghasil ubi ungu
ReplyDeleteartikel ini bisa digunakan sebagai acuan dalam proses dan langkah memulaianya
ubi ungu ditempat ane stok melimpah gan. ane mau ksih tau pak kades,agar masyarakat bs berwirausaha dibidang ubi ungu ini
ReplyDeletelengkap anget penjelasannya , buat nambah wawasan
ReplyDeletemau dicoba tp takut gagal hehe
ReplyDeleteWah mantap gan, patut di coba nih, tempat ku masih jarang orang yang jualan yg beginian.klo jualan pasti laku....
ReplyDeletemantap. detail ama biaya biayanya. salut
ReplyDeletebisa jadi wirausahawan ini
ReplyDeletesaya pengen jadi entepreneur gan, maka dari itu terimakasih infromasinya karena ini bisa saya jadikan bekal nantinya hehehe
ReplyDeletewah keren ini , emak saya pernah bikin donat ubi ungu rasanya enakk...
ReplyDeleteWah makasih bangget gan in akan jadi ilmu bgi org interprener...
ReplyDelete