-->

iklan atas

Fakta Unik, Perang Paling Konyol di Dunia Dari Babi Hingga Minuman Beralkohol

Ilustrasi pasukan Romawi. Sumber : www.hariansejarah.id
10-faktaunik,Online- fakta unik dan lucu sering terjadi di kehidupan dunia kita saat ini. Bahwa pada dasarnya siapa pun manusia di dunia ini tidak ingin berperang satu sama lain.

sebagai sebuah fakta yang tidak terbantahkan bahwa fitrah dan naluri alami manusia, sangat menginginkan sebuah kondisi kenyamanan dan ketentraman. namun kedengkian dan ketamakan menjadi salah satu fakta-fakta negatif yang menyebabkan peperangan antara umat manusia terjadi.

Fakta unik tentang perperangan terjadi bukan hanya keinginan satu orang, atau satu negara untuk menyerang negara lainnya, namun peperangan juga bisa terjadi disebabkan kewajiban warga negara untuk  menyelamatkan diri dan negaranya dari gempuran musuh-musuh yang ingin merusak tatanan masyarakat yang berdaulat.

Fakta bahwa pertempuran, dan peperangan dalam benak kita adalah sebuah hal yang sangat mengerikan, dimana satu sama lainnya saling bunuh-membunuh. saling menghancurkan dan berakibat fatal bagi kerusakan umat manusia.

namun, dari beberapa peperangan yang mengerikan terselip tindakan fakta-fakta unik dan aneh dan tindakan konyol dalam praktik perperangan itu sendiri. mulai dari pertempuran antara Inggris dan Amerika yang akan terjadi disebabkan oleh Seekor Babi, Penyerangan Yunani terhadap Bulgaria yang disebabkan Oleh seekor anjing yang melewati perbatasan, dan akibat mis informasi sesama pasukan saling menembak pasukan lainnya  serta banyak kejadian-kejadian aneh lucu lainnya yang dapat memicu pertempuran dan lain sebagainya.


sudah pada tidak sabar kan? berikut 10 Fakta unik Perang Paling Konyol yang pernah terjadi di Dunia menurut www.10faktaunik.online yang dirangkum dari berbagai literatur ya ada.

Gara-Gara Seekor Anjing, Yunani Menginvansi Bulgaria

Ilustrasi PErang Yunani-Bulgaria disebabkan seekor anjing
sumber : www.id.Interestrip.com
Fakta unik Insiden Anjing Lari Melintasi Perbatasan, adalah krisis Yunani-Bulgaria pada tahun 1925, di mana terjadinya invasi singkat Yunani  ke Bulgaria di dekat kota perbatasan Petrich, setelah terjadinya pembunuhan seorang kapten Yunani dan seorang penjaga oleh tentara Bulgaria.. Insiden itu berakhir setelah adanya Intervensi Liga Bangsa-Bangsa.

1) Dalam versi pertama, insiden itu dimulai pada 18 Oktober, ketika seorang tentara Yunani mengejar anjingnya, yang telah menyebrang melintasi perbatasan dari Yunani di jalan pintas Demir Kapia [bg] di Belasitsa (Belles); dengan demikian, kadang-kadang disebut sebagai Perang Anjing Liar. Perbatasan dijaga oleh penjaga Bulgaria, dan salah satu dari mereka menembak prajurit Yunani.

2) Dalam versi kedua, insiden perbatasan Yunani-Bulgaria terjadi ketika, pada tanggal 18 Oktober, tentara Bulgaria melintasi perbatasan Yunani, menyerang pos terdepan Yunani di Belasitsa dan membunuh seorang kapten Yunani dan seorang penjaga.


Hubungan antara Yunani dan Bulgaria telah tegang sejak awal abad ke-20, dengan persaingan antar mereka terkait kepemilikan Makedonia dan kemudian Thrace Barat (wilayah Yunani yang melekat di semenanjung Eropa). Ini telah menyebabkan bertahun-tahun perang gerilya antara kelompok-kelompok bersenjata pada tahun 1904–08 (lih. Perjuangan Makedonia), dan beberapa tahun kemudian dalam konflik terbuka antara kedua negara dalam Perang Balkan Kedua (1913) dan sekali lagi di pertempuran mereka di  Perang Dunia Pertama (Front Makedonia, 1916–188). Hasil dari konflik ini adalah bahwa setengah dari wilayah Makedonia yang lebih luas berada di bawah kendali Yunani setelah Perang Balkan, diikuti oleh Trrace Barat setelah Perang Dunia Pertama, melalui Perjanjian Neuilly.

Perang Paling Singkat, antara Inggris-Melawan Zanzibar


Kerusakan parah terjadi setelah inggris menggempur Istana kesultanan Zanzibar
sumber : www.thepanicchannel.com
Fakta Unik kedua, Perang Inggris-Zanzibar terjadi antara Inggris dan Kesultanan Zanzibar pada 27 Agustus 1896. Konflik ini berlangsung hanya 38 menit dan perang terpendek dalam sejarah. 

Penyebab perang adalah kematian Sultan pro-Inggris yaitu Sultan Hamad bin Thuwaini pada tanggal 25 Agustus 1896 dan naiknya Sultan Khalid bin Barghash ke tampuk kekuasaan. 

Inggris lebih suka Hamud bin Mohammed menjadi sultan, karena lebih berpihak pada kepentingan Inggris. Menurut perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1886, syarat untuk naik takhta sultan diizinkan dari konsul Inggris, dan Khalid tidak memenuhi persyaratan ini. Inggris menganggap ini sebagai dikirim ke istana dan meninggalkan istana. Sebagai imbalannya, Khalid mekumpulkan seluruh penjaga istana dan mengunci dirinya di istana.

Ultimatum berakhir pada pukul 9:00 Waktu Afrika Timur (EAT) pada 27 Agustus, yang pada waktu itu Inggris telah menyiapkan tiga kapal penjelajah, kapal perang, 150 marinir dan pelaut, dan 900 tentara Zanzibar di pelabuhan.

Kontingen Royal AL dipimpin oleh Laksamana Muda Harry Rawson, sedangkan pasukan Zanzibar dipimpin oleh Brigadir Jenderal Lloyd Mathews dari Angkatan Darat Zanzibar. Sekitar 2.800 penduduk Zanzibar melindungi istana: sebagian besar direkrut dari warga sipil, serta penjaga istana dan beberapa ratus pelayan dan budak. Para penyintas memiliki sejumlah artileri dan senapan mesin yang dipasang di depan istana untuk menghalau kapal-kapal Inggris. 

Pemboman yang diluncurkan pada jam 9:02 menyebabkan istana terbakar dan merusak artileri. Manuver kecil di laut dapat berhasil menenggelamkan kapal pesiar kerajaan dan dua kapal Zanzibar yang lebih kecil, dan sejumlah tembakan yang ditujukan untuk tentara Zanzibar pro-Inggris  oleh pasukan kesultanan sangat tidak efektif. Bendera di istana ditembak jatuh dan kebakaran terjadi pada pukul 9:40.


Pasukan Sultan kehilangan 500 personel, sementara hanya satu pelaut Inggris terluka. Sultan Khalid menerima perlindungan di konsulat Jerman sebelum melarikan diri ke Afrika Timur Jerman (di daratan Tanzania). Sultan segera mengangkat kekuasaan Sultan Hamud sebagai kepala pemerintahan boneka. Kesultanan sebagai negara berdaulat dan mulai zaman yang sangat dipengaruhi oleh Inggris.

Gara-Gara Seekor Babi Inggris-Amerika hampir musnah Karena Perang
Perang Babi antara Inggris VS Amerika. Sumber : www.youtube.com
Fakta Unik Ketiga Seorang petani Amerika kesal ketika dia menangkap seekor babi memakan kentang di kebunnya. Dia mengambil senapan dan menembak babi itu sampai mati. Rupanya pemilik hewan tidak menerimanya. Warga Inggris itu mengancam akan mengusir semua warga AS dari daerah sekitar pertanian.

Dikutip dari Sejarah Militer, Jumat (18/3/2016), asal mula "Perang Babi" mengacu pada perjanjian tahun 1846 tentang demarkasi Amerika Serikat dan Inggris di daerah barat Rocky Mountain.

Perjanjian tersebut menetapkan garis 49 derajat sebagai batas antara AS dan Kanada. Garis meluas ke kanal pemisah benua Amerika dengan Pulau Vancouver. Tujuannya adalah agar semua Pulau Vancouver menjadi wilayah Inggris.

Namun ada perdebatan tentang 'kanal' utama dalam perjanjian. Orang Inggris menyebut Haro Straight di sebelah timur pulau San Juan. Sebaliknya AS mengacu pada Rosario Straight di sebelah barat pulau San Juan.

Kepemilikan pulau San Juan menjadi ambigu. Hudson's Bay Company mengklaim memiliki pulau itu pada tahun 1845. Pengolahan salmon dibangun pada tahun 1850, diikuti oleh peternakan domba tahun 1853.

Pada tahun yang sama, Wilayah Washington didirikan dan pulau San Juan dimasukkan sebagai bagian dari Whatcom County di Wilayah Washington. Pada 1859 ada sekitar 29 warga AS yang tinggal di pulau San Juan dan dianggap tidak sah oleh Inggris.

Suatu pagi pada tanggal 15 Juni 1859, penduduk AS Lyman Cutlar menembak mati seekor babi milik Perusahaan Teluk Hudson ketika hewan itu mengacaukan kebunnya. Ketika Cutler menolak untuk membayar kompensasi kepada manajer pertanian perusahaan, penyelia bernama Charles Griffin merasa bahwa dia menangkap warga AS itu.

Beberapa orang Amerika di San Juan mengirim petisi kepada Brigadir Jenderal William S. Harney, komandan Departemen Oregon yang dikenal sebagai seseorang yang anti-Inggris.

Komandan gahar kemudian mengirim pasukan Infanteri ke-9 di bawah komando George Pickett ke pulau San Juan. Pickett tiba di sana pada 27 Juli.
Di sisi lain, Gubernur Koloni British Columbia mengirim pasukan laut untuk melindungi kepentingan Inggris. Meskipun marah, dia meminta Kapten Geffrey Hornby untuk menghindari konflik bersenjata sebanyak mungkin.

Hornby memutuskan untuk tidak gegabah sampai bosnya, Laksamana Muda Robert L. Baynes tiba. Baynes terkejut ketika dia tiba di tempat itu setelah mengetahui bahwa kedua negara hampir berperang hanya karena babi.

Hingga musim panas 1859, kedua negara terus menambah kekuatan di wilayah tersebut. Sebelum 31 Agustus, ada 461 tentara AS yang didukung oleh 14 meriam menghadapi 5 kapal perang Inggris yang membawa 167 meriam dan 2.000 tentara.

Ketika berita tentang perselisihan ini mencapai Washington DC, Presiden Buchanan mengirim Jenderal Winfield Scott untuk menenangkan keadaan. Scott dan Douglas bertukar pesan dan setuju untuk menarik hampir semua pasukan mereka masing-masing.

Pada pertengahan September, London dan Washington sepakat untuk melakukan pendudukan militer bersama di pulau San Juan sampai masalah diselesaikan melalui arbitrase.

Selama 12 tahun berikutnya, kedua negara memiliki kantor pusat di sisi berlawanan dari pulau yang disengketakan. Bekas markas kedua sekarang menjadi Taman Nasional yang Bersejarah.

Pada tahun 1871, AS dan Inggris mengajukan masalah tersebut kepada Kaiser Jerman untuk arbitrasi. Kaiser mengirim masalah tersebut ke komite 3 orang yang pada 21 Oktober 1872 memutuskan untuk memberikan San Juan ke AS. Sebulan kemudian pasukan Inggris mundur. Sebelum 1874, pasukan AS terakhir juga meninggalkan San Juan.


Satu-satunya korban yang hilang dalam 'Perang Babi' ini adalah babi itu sendiri.

Pertempuran Karansebes, Dimana 10.000 Pasukan Austria Terbunuh Oleh Teman-temannya Sendiri
Pertempuran Karansebes
10 fakta unik- Fakta unik ke empat Tentara Austria, terdiri dari 100.000 orang, kala itu mereka sedang mendirikan kemah di sekitar kota Karansebes. Barisan terdepan tentara, yang terdiri dari sebuah kontingen prajurit berkuda, menyeberangi Sungai Timiș (danube) untuk mencari informasi keberadaan pasukan Turki Utsmani. Tidak ada tanda-tanda keberadaan tentara Utsmaniyah, tetapi saat itu Kaum Gipsi yang berkemah di Pinggir Sungai menemui sekelompok pasukan pengintai tersebut, dan menawarkan minuman keras kepada tentara yang kelelahan. Pasukan kavaleri pun akhirnya menerima tawaran tersebut  dan memulai malamnya dengan minum-minuman yang memabukkan.

Segera setelah itu, beberapa infantri pasukan lain menyeberangi sungai. Ketika mereka melihat pesta sedang berlangsung, pasukan infanteri juga meminta alkohol dan berusaha untuk ikut nimbrung. Para prajurit berkuda menolak, sedangkan mereka dalam keadaan mabuk, mereka mendirikan benteng darurat di sekitar barel. Terjadi pertengkaran hebat, dan seorang tentara melepaskan tembakan.

Segera, prajurit berkuda dan infanteri terlibat dalam pertempuran satu sama lain. Selama konflik, beberapa tentara mulai berteriak, "Turci! Turci!" ("Turki! Turki!"). Para prajurit berkuda melarikan diri dari TKP, berpikir bahwa serangan pasukan Ottoman sudah dekat. Sebagian besar infantri juga melarikan diri; tentara terdiri dari Austria, Serbia, Kroasia, dan Italia dari Lombardy, ditambah minoritas lainnya, banyak dari mereka tidak bisa saling memahami. Meskipun tidak jelas kelompok mana yang melakukannya, mereka memberikan peringatan palsu tanpa memberi tahu yang lain, dan segera melarikan diri. Situasi menjadi lebih buruk ketika Pasukan Jerman, dalam upaya untuk memulihkan ketertiban, berteriak, " Halt!..Halt!(Hentikan! Hentikan!)" yang salah didengar oleh tentara lain yang tidak tahu  Jerman sebagai "Allah! Allah!".

Ketika kavaleri berlari menuju kamp, ​​seorang komandan korps berfikir  bahwa mereka adalah  kavaleri  pasukan Ottoman yang menyerang, kemudian Komandan memerintahkan tembakan artileri balasan. Sementara itu, seluruh prajurit di kamp terbangun karena suara pertempuran, alih-alih menunggu untuk melihat situasinya, semua orang melarikan diri. Pasukan menembaki setiap bayangan, berpikir pasukan Usmani ada di mana-mana; pada kenyataannya mereka menembak sesama prajurit Austria. Insiden meningkat ke titik di mana seluruh pasukan mundur dari musuh imajiner mereka, dan Kaisar Romawi Suci Joseph II didorong dari kudanya ke sungai kecil untuk menyelamatkan diri.

Dua hari kemudian, pasukan Ottoman tiba. Mereka menemukan tentara yang tewas dan terluka dan dengan mudah mengambil alih Kota Karánsebes.



Invasi Pulau Kosong

Invasi Pulau Kosong Oleh Gabungan Pasukan AS dan Kanada
sumber : www.www.liputan6.com
Fakta unik ke lima Pada tahun 1943 Amerika Serikat (AS) dan Kanada bersama-sama menyerbu Pulau Kiska dan memutuskan untuk mengambilnya dari pasukan Jepang yang menduduki pulau itu. Serangan itu benar-benar ganas. Selama lebih dari sebulan, pulau itu dibombardir dengan pemboman yang menjatuhkan sekitar 424 ton bahan peledak di udara dan 330 ton dari laut. Saat agak tenang, pasukan gabungan datang.

Pasukan Amerika Serikat memiliki kekuatan sekitar 35.000 orang dan mendarat di pantai pulau untuk memulai invasi. Sementara itu, pasukan Kanada datang dari sisi yang berlawanan. Kedua pasukan bertempur di atmosfer berkabut tebal dan gelap sambil mencoba menghindari tembakan sniper yang Sangat brutal.
Para prajurit terkena peluru seolah-olah dari berbagai arah, lalu ranjau meledak di sana-sini. Mereka bertarung selama beberapa hari dengan ratusan nyawa, kemudian menyadari bahwa tidak ada seorang pun di pulau itu.

Pasukan Jepang telah pergi sejak 3 minggu sebelumnya, sehingga pasukan Amerika dan Kanada benar-benar saling tembak-menembak. Bahkan, setidaknya ada 313 korban jiwa yang tewas.


Torpedo yang berbalik arah (perang Dunia ke 2)


torpedo berbalik arah Sumber : www.liputan6.com

Fakta Unik ke enam Kapal selam USS Tang adalah salah satu kapal selam  yang paling berhasil dalam menjalankan tugasnya. Kurang dari 1 tahun, kapal selam AS ini telah menenggelamkan 31 kapal musuh.  Selama penyerangan Para kru sangat  pemberani dan segera menyerbu sekelompok kapal Jepang meskipun mereka kalah jumlah. mereka selalu lolos dari serangan balik, kecuali ketika serangan datang dari diri mereka sendiri. kondisinya Saat hendak meluncurkan torpedo terakhir, torpedo berbalik secara tak terduga dan kembali ke tempat asalnya. Sebagai akibat dari torpedo yang berbalik arah, lambung kapal selam menjadi rusak parah dan kru kemudian harus naik ke permukaan untuk menunggu kapal penyelamat. Sungguh ironis, karena penyelamatan yang ditunggu malah yang datang dari kapal perusak Jepang yang seharusnya mereka tenggelamkan.

Tenggelamnya Kapal Selam Karena Jamban yang rusak
Kapal Selam Jerman yang Rusak akibat Masalah Jamban
Sumber : www.liputan6.com

Fakta Unik ke tujuh Jerman adalah pelopor dalam teknologi pengolahan tinja di kapal selam. Cukup rumit membayangkan prosesnya , tetapi membuang tinja di kapal selam itu lebih rumit.
Biasanya, awak kapal selam baru melakukannya ketika dekat dengan permukaan laut, tetapi Jerman merubah kebiasaan lama itu dengan menciptakan  teknologi "kakus bertekanan tinggi di laut yang sangat dalam" sehingga mereka dapat membuang kotoran ketika kapal selam itu berada di dasar laut.
Prosesnya tidak mudah. Ketika kapal selam U-1206 Milik Jerman mencoba pada awalnya, para insinyur saat itu membuka katup yang salah sehingga kapal selam itu tenggelam.

Alih-alih mengarahkan tinja ke laut, insinyur membuka katup yang mengalirkan campuran tinja dan air laut ke kapal selam. Tinja dan air mulai mengisi kapal selam sampai mencapai baterai dan melepaskan gas klorin.

Kapal selam itu dipaksa diapungkan  ke permukaan untuk mencegah keracunan gas, tetapi mereka segera dipukuli oleh kapal perang Inggris ketika mereka muncul di permukaan.Para kru melompat ke sekoci karet dan mendayung dengan cepat  ke pantai terdekat,  serta meninggalkan kapal selam diisi dengan kotoran mereka sendiri.

Angkatan Udara AS Menyerang   Angkatan Darat AS
Pasukan angkatan Darat Amerika. Sumber : www.Liputan6.com
Fakta unik ke delapan angkatan darat AS berada di pulau Sisilia ketika diserang oleh pesawat Angkatan Udara AS,  angkatan udara menembak dan menjatuhkan bom pada  iringan tank pasukan darat. Pasukan darat kemudian meluncurkan cahaya berwarna kuning dengan maksud pasukan udara akan tahu bahwa mereka dalam pihak yang sama, tetapi pesawat angkatan udara tetap terus  menyerang.

Pasukan darat terkejut, bahkan ada tuduhan bahwa pasukan udara sebenarnya adalah Angkatan udara Jerman yang menyamar.
Karena tidak ada pilihan lain, pasukan darat menembak balik sehingga mereka menjatuhkan satu pesawat. Pilot pesawat berhasil mendarat dengan selamat menggunakan parasut dan pasukan darat menagkapnya serta mengintograsi melihat siapa yang menyerang mereka.
Melihat  yang tertangkap adalah pilot Amerika, komandan tank berteriak, "Kamu bodoh, apakah kamu tidak mengerti sinyal pengenal warna kuning?

"Pilot itu tampak bingung dan berkata singkat, "Oh, itu artinya, ya?"

Perang Babi & Kacang, Tidak bertempur tapi Ratusan Nyawa Melayang (Antara Amerika dan Inggris)
Perang dengan Istilah Babi & kacang antara Amerika dan Inggris
sumber : www.kaskus.co.id
Fakta unik ke sembilan Perang Aroostook ini berlangsung selama 11 bulan, yaitu dari Desember 1838 hingga November 1839. Perseteruan antara militer Inggris dan Amerika untuk memperebutkan wilayah perbatasan di Maine.
Setelah perang tahun 1812, wilayah itu dianggap Inggris sebagai miliknya , sehingga orang Amerika yang masuk ke sana akan mendapatkan peringatan.  Tidak terima dan  Maine adalah hak nya , Amerika pun melakukan perlawanan. Namun, ketika kedua pihak siap untuk bertarung.

terjadi kesalahan teknis yang fatal dari Departemen Konsumsi Amerika, di mana tentara Amerika bukannya menerima  pasokan Senjata malah menerima daging babi dan kacang. Pada akhirnya, tidak ada pertempuran senjata.Maine diberikan oleh Inggris ke Amerika.
Tetapi, kedua belah pihak banyak kehilangan prajurit yang mengalami kehidupan yang sulit  dan sakit selama 11 bulan itu.
Perang di atas mungkin termasuk pertempuran unik, beberapa pertempuran lain, bahkan banyak tentara menyerah kepada musuh 'lemah' dengan jumlah pasukan yang lebih sedikit. Tetapi kembali lagi, ini bukan masalah kuantitas, tetapi kualitas dan taktik yang digunakan untuk melawan musuh membuat pasukan mencapai kemenangan.
Durasi perang: (antara Desember 1838 - November 1839) 11 bulan.
Korban: 550 tewas di kedua belah pihak.



Perang Moldovan-Transdniestrian, Malam Mabuk Bareng Siang Perang Lagi

malam sesama musuh saling mabuk-mabukan, siangnya mereka perang kembali
sumber : www.kaskus.co.id
Fakta Unik ke sepuluh Perang ini dimulai segera setelah runtuhnya Uni Soviet, permasalahan negara-negara bekas Soviet di Moldova mulai muncul kepermukaan. Dua pertiga dari negara itu ingin lebih dekat dengan Rumania, tetapi yang sepertiga ingin lebih dekat dengan Rusia.

Pertempuran pun meletus.Tetapi yang membuat perang ini benar-benar aneh adalah kenyataan bahwa laki-laki berperang satu sama lain di siang hari, pada saat  malam hari mereka sering bercengkrama dan mabuk-mabukan ditempat umum.Tentara bahkan membuat kesepakatan untuk tidak saling menembak jika mereka bertemu satu sama lain selama malam hari.

Dan itu terjadi hampir setiap malam selama perang berlangsung .Seorang prajurit menulis dalam buku hariannya: "Perang ini adalah pesta yang aneh, kami berjuang di siang hari, tapi kami minum di malam hari bersama mereka. Betapa gilanya perang  ini ..."

Durasi perang: (2 Maret - 21 Juli 1992) 4 bulan.Korban: 1.300 tewas di kedua sisi





0 Response to "Fakta Unik, Perang Paling Konyol di Dunia Dari Babi Hingga Minuman Beralkohol"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel